Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan kurikulum hasil refleksi,
pemikiran, dan pengkajian ulang dari kurikulum yang telah berlaku sebelumnya. Kurikulum
baru ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan peserta didik menghadapi
tantangan di masa depan. Standar kompetensi dan
kompetensi dasar diarahkan untuk memberikan keterampilan dan keahlian
bertahan hidup dalam kondisi yang penuh dengan berbagai perubahan, persaingan,
ketidakpastian, dan kerumitan dalam kehidupan. Kurikulum ini disusun untuk
menciptakan tamatan yang kompeten, cerdas dalam membangun integritas sosial,
serta mewujudkan karakter nasional.
Dalam
implementasi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, telah dilakukan berbagai
studi yang mengarah pada peningkatan efisiensi dan efektivitas layanan dan
pengembangan sebagai konsekuensi dari suatu inovasi
pendidikan. Sebagai salah satu bentuk
efisiensi dan efektivitas implementasi kurikulum dikembangkan berbagai model
implementasi kurikulum.
Model pembelajaran terpadu merupakan salah satu model implementasi
kurikulum yang dianjurkan untuk diaplikasikan pada semua jenjang pendidikan,
mulai dari tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) sampai dengan
Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Model pembelajaran ini pada
hakikatnya merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta
didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan
konsep serta prinsip secara holistik dan otentik (Depdikbud, 1996:3).
Pembelajaran ini merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan
(Beane, 1995:615).
Melalui pembelajaran IPA terpadu, peserta didik dapat memperoleh
pengalaman langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima,
menyimpan, dan menerapkan konsep yang telah dipelajarinya. Dengan demikian,
peserta didik terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai konsep yang
dipelajari secara menyeluruh (holistik), bermakna, otentik dan aktif. Cara
pengemasan pengalaman belajar yang dirancang guru sangat berpengaruh terhadap
kebermaknaan pengalaman bagi para peserta didik. Pengalaman belajar yang lebih
menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual akan menjadikan proses belajar lebih
efektif. Kaitan konseptual yang dipelajari dengan sisi bidang kajian Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) yang relevan akan membentuk skema kognitif, sehingga
anak memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan. Perolehan keutuhan belajar
IPA, serta kebulatan pandangan tentang kehidupan, dunia nyata dan fenomena alam
hanya dapat direfleksikan melalui pembelajaran terpadu.
Pembelajaran
terpadu dalam IPA dapat dikemas dengan TEMA atau TOPIK tentang suatu
wacana yang dibahas dari berbagai sudut pandang atau disiplin keilmuan yang
mudah dipahami dan dikenal peserta didik. Dalam pembelajaran IPA terpadu, suatu
konsep atau tema dibahas dari berbagai aspek bidang
kajian dalam bidang kajian IPA. Misalnya tema lingkungan dapat dibahas dari sudut makhluk hidup dan proses
kehidupan, energi dan perubahannya, dan materi dan sifatnya. Pembahasan
tema juga dimungkinkan hanya dari aspek makhluk hidup dan proses kehidupan dan
energi dan perubahannya, atau materi dan sifatnya dan makhluk hidup dan proses
kehidupan, atau energi dan perubahannya dan materi dan sifatnya saja. Dengan
demikian melalui pembelajaran terpadu ini beberapa konsep yang relevan untuk
dijadikan tema tidak perlu dibahas berulang kali dalam bidang kajian
yang berbeda, sehingga penggunaan waktu untuk pembahasannya lebih efisien dan
pencapaian tujuan pembelajaran juga diharapkan akan lebih efektif.
DOWNLOAD SOAL
Kelas 1
- Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
- Semester Akhir Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Kelas 2
- Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
- Semester Akhir Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Kelas 3
- Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
- Semester Akhir Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Kelas 4
- Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
- Semester Akhir Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Kelas 5
- Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
- Semester Akhir Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Kelas 6
- Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
- Semester Akhir Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Maaf masih kosong karena dalam proses penyelesaian dan bila ada kesalahan
Mohon kasih masukan untuk perbaikan lebih lanjut.... By Admin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar