Minggu, 20 November 2016

PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar merupakan kurikulum hasil refleksi, pemikiran, dan pengkajian ulang dari kurikulum yang telah berlaku sebelumnya. Kurikulum baru ini diharapkan dapat membantu mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan di masa depan.  Standar kompetensi dan kompetensi dasar diarahkan untuk memberikan keterampilan dan keahlian bertahan hidup dalam kondisi yang penuh dengan berbagai perubahan, persaingan, ketidakpastian, dan kerumitan dalam kehidupan. Kurikulum ini disusun untuk menciptakan tamatan yang kompeten, cerdas dalam membangun integritas sosial, serta mewujudkan karakter nasional.
Dalam implementasi Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, telah dilakukan berbagai studi yang mengarah pada peningkatan efisiensi dan efektivitas layanan dan pengembangan  sebagai konsekuensi  dari suatu inovasi pendidikan. Sebagai salah satu bentuk efisiensi dan efektivitas implementasi kurikulum dikembangkan berbagai model implementasi kurikulum.
Model pembelajaran terpadu merupakan salah satu model implementasi kurikulum yang dianjurkan untuk diaplikasikan pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) sampai dengan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Model pembelajaran ini pada hakikatnya merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan otentik (Depdikbud, 1996:3). Pembelajaran ini merupakan model yang mencoba memadukan beberapa pokok bahasan (Beane, 1995:615).
Melalui pembelajaran IPA  terpadu, peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung, sehingga dapat menambah kekuatan untuk menerima, menyimpan, dan menerapkan konsep yang telah dipelajarinya. Dengan demikian, peserta didik terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai konsep yang dipelajari secara menyeluruh (holistik), bermakna, otentik dan aktif. Cara pengemasan pengalaman belajar yang dirancang guru sangat berpengaruh terhadap kebermaknaan pengalaman bagi para peserta didik. Pengalaman belajar yang lebih menunjukkan kaitan unsur-unsur konseptual akan menjadikan proses belajar lebih efektif. Kaitan konseptual yang dipelajari dengan sisi bidang kajian Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang relevan akan membentuk skema kognitif, sehingga anak memperoleh keutuhan dan kebulatan pengetahuan. Perolehan keutuhan belajar IPA, serta kebulatan pandangan tentang kehidupan, dunia nyata dan fenomena alam hanya dapat direfleksikan melalui pembelajaran terpadu.
Pembelajaran terpadu dalam IPA  dapat dikemas dengan TEMA atau TOPIK tentang suatu wacana yang dibahas dari berbagai sudut pandang atau disiplin keilmuan yang mudah dipahami dan dikenal peserta didik. Dalam pembelajaran IPA   terpadu,  suatu konsep atau tema  dibahas dari  berbagai aspek bidang kajian dalam bidang kajian IPA. Misalnya tema lingkungan dapat dibahas dari sudut makhluk hidup dan proses kehidupan, energi dan perubahannya, dan materi dan sifatnya. Pembahasan tema juga dimungkinkan hanya dari aspek makhluk hidup dan proses kehidupan dan energi dan perubahannya, atau materi dan sifatnya dan makhluk hidup dan proses kehidupan, atau energi dan perubahannya dan materi dan sifatnya saja. Dengan demikian melalui pembelajaran terpadu ini beberapa konsep yang relevan untuk dijadikan tema  tidak perlu dibahas berulang kali dalam bidang kajian yang berbeda, sehingga penggunaan waktu untuk pembahasannya lebih efisien dan pencapaian tujuan pembelajaran juga diharapkan akan  lebih efektif.

 DOWNLOAD SOAL
Kelas 1
  1. Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
  2. Semester Akhir  Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Kelas 2
  1. Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
  2. Semester Akhir  Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Kelas 3
  1. Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
  2. Semester Akhir  Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Kelas 4
  1. Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
  2. Semester Akhir  Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Kelas 5
  1. Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
  2. Semester Akhir  Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Kelas 6
  1. Tengah Semester Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
  2. Semester Akhir  Unduh Lagi.. 1 - 2 - 3 - 4 - 5
Download Soal UN nya juga
        Kelas 1  Download
        Kelas 2  Download
        Kelas 3  Download
        Kelas 4  Download
        Kelas 5  Download
        Kelas 6  Download

Maaf masih kosong karena dalam proses penyelesaian dan bila ada kesalahan
Mohon kasih masukan untuk perbaikan lebih lanjut....  By Admin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar